PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interpersonal melalui metode sosiodrama pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta berjumlah 32 siswa, 18 laki-laki dan 14 perempuan dengan usia rata-rata 13-14 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan dan
konseling (BK) yang dimulai pada tanggal 22 Februari sampai 12 April 2014. Metode sosiodrama dilakukan dalam 1 siklus 3 tindakan dalam 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian dengan skala kemampuan interpersonal, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kondisi awal kemampuan interpersonal siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta sedang. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata kemampuan interpersonal 64,75 dan dikategorisasikan kemampuan interpersonal sedang. (2) Siklus 1 diberikan metode sosiodrama yang
meliputi 3 tindakan yaitu berdrama dan menyimak drama tentang: Siswa Teladan, Tobatnya Preman Sekolah, dan Sahabat Sejati yang diperankan oleh siswa sendiri, sehingga kemampuan interpersonal siswa di kelas VIIA SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta menjadi meningkat. Peningkatan
kemampuan interpersonal dibuktikan dari hasil pos-test skor kemampuan interpersonal rata-rata sebesar 77,84 dan dikategorikan kemampuan interpersonal tinggi. Peningkatan skor kemampuan interpersonal
rata-rata dari pre-test ke pos-test yaitu sebesar 13,09 poin dan (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kemampuan interpersonal siswa menunjukkan antusias tinggi dalam metode sosiodrama dari tindakan I, II, dan III, hasil wawancara dengan guru BK, siswa sudah memiliki kemampuan interpersonal yang sangat tinggi.
Kata kunci: metode sosiodrama, kemampuan interpersonal.
Abstract
This research aims to determine the improvement of interpersonal skills to students in VIIA grade SMP State 5 Depok Sleman Yogyakarta through sociodrama method. Students of SMP Negeri VIIA grade 5 Depok Sleman Yogyakarta are 32 students are the research subjects, who are 18 men and 14 women with an average age of 13-14 years. This research was conducted in one cycle is a collaboration between researchers and teachers of Guidance and Counseling (BK) which began on 22 February to 12 April
2014. Sociodramas method is performed in one cycle 3 action in three meetings. Data collection method used is the research instrument with scale interpersonal skills, interview, and observation guidelines.
Data analysis using quantitative descriptive analysis. The results of this research are: (1) Initial conditions of the interpersonal skils of students in VIIA grade of SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta is medium. This result is evidenced from the pre-test with an average score of 64.75 and
categorized a medium interpersonal skills. (2) On cycle 1 is given sociodramas method that includes three measures, are performing a drama and listening a drama about: Exemplary Student, The
Repentance of School Thugs, and True Friend, played by the students themselves, so that the interpersonal skills of students in VIIA grade SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta are bieng increased. Improved interpersonal skills evidenced from the results of the post-test scores interpersonal skills by an average of 77.84 and categorized a high interpersonal skills. The average of Improved interpersonal skills score of the pre-test to post-test is 13.09 points and (3) observations at the time of theĀ action for the improvement of interpersonal skills students showed great enthusiasm in sociodramas method of action I, II, and III, BK interviews with teachers, students already have a very high interpersonal skills.
Keyword: sociodrama method, interpersonal skills
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.