HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI BIMBINGAN DAN KONSELING

Dewi Septiyaningsih,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan gejala-gejala perilaku konsumtif yang nampak pada mahasiswi Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswi Bimbingan dan Konseling angkatan 2015, 2016, dan 2017 sejumlah 126 mahasiswi. Alat pengumpulan data menggunakan skala citra tubuh dan skala perilaku konsumtif. Uji validitas instrument dengan expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara citra tubuh dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi Bimbingan dan Konseling ditunjukkan dengan r sebesar -0,210 dan p 0,018 (p<0,05). Variabel citra tubuh memberikan sumbangan atau pengaruh pada variabel perilaku konsumtif sebesar 4,4%.

 

Kata kunci: citra tubuh, perilaku konsumtif

 

Abstract

This research was conducted based on symptoms of counsumptive behaviour that appears in Guidance and Counseling students. This research aims to determine the correlation between body image and consumptive behavior of Guidance and Counseling students. The method used in this research is quantitative with the type of correlation research. The research subjects are 126 students from 2015, 2016, and 2017 classes of Guidance and Counseling. The data collection technique is using the scale of body image and the scale of consumptive behavior. The instrument validity is conducted by expert judgement. The technique of data analysis is using Pearson’s product moment. The research results show that there was a significant negative correlation between body image and consumptive behavior of Guidance and Counselling students indicated by coefficient correlation value that is -0,210 with the significance is 0,018 (p < 0,05). Variable of body image contribute/influence to consumptive behavior of 4,4%.

 

Keywords: body image, consumptive behaviour


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.