EFEKTIVITAS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENANGANAN PROKRASTINASI AKADEMIK
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok pendekatan REBT terhadap penanganan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas 8 SMP PIRI Ngaglik Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitaf dengan jenis penelitian eksperimen. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pretest- posttest control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP PIRI Ngaglik Sleman sebanyak 90 siswa yang mengisi instrument, jumlah siswa pada kelompok ekperiment dan kelompok kontrol masing- masing sama, yaitu sebanyak 6 siswa.
Kata kunci: prokrastinasi akademik, pendekatan REBT, konseling kelompok.
Abstract
The study aims to determined the effectiveness of the REBT approach group counseling on handled academic procrastination behavior in the 8th grade students of SMP PIRI Ngaglik Sleman.The research approach used in this study is a quantitative research approach with a type of experimental research. The research model used in this study was a pretest-posttest control group design model. The research subjects in this study were the eighth grade students of SMP PIRI Ngaglik Sleman as many as 90 students who filled out the instruments, the number of students in the experimental group and the control group were the same, namely as many as 6 students.
Keywords: academic procrastination, REBT approach, group counseling.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.