HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE PADA SMARTPHONE DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN

Jimmi Dwi Cahya,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kecanduan game online pada smartphone dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Sampel penelitian berjumlah 135 siswa, menggunakan teknik kuota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala game online pada smartphone dan motivasi belajar. Uji validitas menggunakan validitas logis melalui expert judgment dan validitas uji empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpa Cronbach’s. Uji normalitas data menunjukan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu pada variabel kecanduan game online pada smartphone nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dan pada variabel motivasi belajar nilai signifikansi 0,200 > 0,05. Untuk uji linearitas menunjukan kedua variable linear, yaitu dengan nilai signifikansi 0,614 > 0,05. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan game online pada smartphone dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,483

 

Kata kunci: kecanduan game online pad smartphone, motivasi belajar

Abstract

The study aim to find out the relationship between online game on smartphone addiction with learning motivation of 2nd grade students of 1 Kalasan senior high school. The study uses a quantitative research approach with correlation analysis techniques. The sample of study consisted of 135 students, using simple random sampling technique. The data collection uses a scale of online game on smartphone addiction and learning motivation. The validity test uses logical validity through expert judgment and the validity of empirical tests. The reability test use Alpha Cronbach’s technique. The data normality test shows that both variable have a normal distribution with the variable online game on smartphone addiction significance value 0.200 > 0.05 and the learning motivation significance value 0.200 > 0.05. for linearity test shows both linear variable with significance value 0.614 > 0.05. the data analysis technique use product moment correlation analysis techniques. The study shows there is a significant negative correlation between online game on smartphone addiction with learning motivation of 2nd grade students of 1 Kalasan senior high school, with a correlation coefficient of -0.4 83.

 

Keyword: game online on smartphone addiction, learning motivation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.