MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KALASAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik biblioterapi dalam bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan efikasi diri akademik pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini berbasis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik biblioterapi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan efikasi diri akademik. Penggunaan teknik biblioterapi dapat meningkatkan keyakinan siswa terhadap kemampuan yang dimiliki dan menyusun strategi belajar yang efektif. hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata pre-test 87 (kategori sedang), post-test I 103 (kategori sedang) dan post-test II 117 (kategori tinggi). Peningkatan yang diperoleh juga diperkuat dari hasil observasi dan wawancara.
Kata Kunci: Teknik Biblioterapi, Efikasi Diri Akademik
Abstract
The research of the study is to acknowledge the use of bibliotherapy technique through group guidance as a way to improve students of class VIII C SMP N 3 Kalasan’s academic self-efficacy. This research is based on classroom action research using the Kemmis & Mc model. Taggart consists of four sides, namely planning, action, observation, and reflection. The results of this study show that bibliotherapy techniques in groups that can improve academic self-efficacy. Using of bibliotherapy technique can increases student’s belief in their abilities and develop effective learning strategies. The increase in average score of pre-test 87 (medium category), post-test I 103 (medium category) and post-test II 117 (high category). The sign of improvement also showed by the result of interview and observation.
Keywords: Bibliotherapy Technique, Academic Self-Efficacy
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.