HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Fani Rahmasari,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan burnout belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 258  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  cluster  random  sampling. Sampel penelitian terdiri dari 146 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala dukungan sosial dan burnout belajar. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,862 untuk burnout belajar dan 0,946 pada skala dukungan sosial. Analisis data menggunakan product moment dari pearson dengan bantuan program SPSS for windows seri 22.0.Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar -0,417 dengan signifikansi p=0.000<0.05, artinya semakin tinggi dukungan sosialmaka semakin rendah burnout belajar dan sebaliknya.. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,714 ini berarti dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 17,4% terhadap burnout belajar berarti masih ada 82,6% disebabkan oleh variabel lain.

 

Kata kunci: Dukungan Sosial, Burnout Belajar

Abstract

This research is aimed to find out the relationship between social support and burnout of students’

learning of Grade XI students SMA N 4 Yogyakarta.

The  research  used  quantitative  approach  and  the  type  of  research  was  correlation.  Subject  of  the research were 258 students. The sampling technique was cluster random sampling. The samples consisted of 146 students. The data collection used was social support and burn out scale. The reliability test result using Cronbach Alpha was 0,862 for burnout learning and 0,946 in social support scale. Data analysis of the research used Pearson’s product moment using SPSS for Windows version 22.0.The relationship correlation value was -0,417 as the significance was p=0.000<0,05, means that the higher the social support is the lower burnout learning and vice versa. The determinant value (R square) was 0,714 could be defined as social support gave contribution of 17,4 % against burnout. The rest of 82,6% variable was caused by other variables.

Keyword: social support, burnout learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.