MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS

Desi Rahmy Astuti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya ingat siswa dengan menggunakan metode mind mapping kelas VIII MTs Negeri Godean. Metode mind mapping diharapkan dapat meningkatan daya ingat siswa dalam menerima dan memunculkan kembali hasil belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih berkembang dan memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII C MTs Negeri Godean. Objek dalam penelitian ini adalah daya ingat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Pada siklus pertama terdiri atas 3 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan daya ingat anak dengan nilai 80 yang berarti daya ingat yang dimiliki anak  memiliki kategory sangat baik. Pada kondisi awal, daya ingat anak diperoleh dari hasil pretest mendapatkan rata- rata nilai 59,5 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan daya ingat diperoleh dari hasil test mendapatkan rata-rata nilai 68,8 dengan kategori baik. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan melalui test dengan mendapatkan nilai rata-rata mencapai 81,2 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping yang dijelaskan dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar yang terkait dapat meningkatkan daya ingat.

Kata kunci: daya ingat, mind mapping, Siswa kelas VIII C

 

 

Abstract

 

This study aims to determine students' memory enhancement by using mind mapping (mapping of thought) of the students of grade VIII MTs Godean. Mind mapping method is expected to improve students' memory in receiving and bring back the results of student learning so that students will be motivated and their learning will develop. This research was categorized into action research which conducted collaboratively between researchers and classroom teachers. The subjects were 28 students of class VIII C MTs Godean. The object of this research is memory. This research was conducted in two cycles. In the first cycle consists of three actions, while in the second cycle consists of two actions. Data collected through observation, testing, and documentation. Data were analyzed by descriptive quantitative. The target of this research is to improve children's memory with the vakue 80 which means that the child’s memory has a very good. In the initial state, the memory of children obtained from result of pre-test an average 59.5 with less category. After the action on the first cycle, memory enhancement results obtained from the test results an average of 68.8 with good category. The study was stopped until the second cycle because it has met the criteria indicators of success indicators through the test by obtaining the average score reached 81.2 with very good catergory. It can be concluded that the use of mind mappingmedia described by mentioning the characteristics of the associated images can improve students’ memory.

 

Keywords: memory, mind mapping, students of class VIII C


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.