HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 1 MUNTILAN

Randes Hestu Putra Wijayanto,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak negatif dari kegiatan diluar jam belajar mengajar di sekolah yang menimbulkan berbagai macam permasalahan belajar terhadap siswa. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui hubungan kecanduan game online terhadap kecemasan akademik pada siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 jenjang SMP sejumlah 123 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa skala, yaitu skala kecanduan game online dengan jumlah 41 item valid dan skala kecemasan akademik dengan jumlah 38 item valid. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach.  Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment.

Hasil analisis product moment menunjukkan angka signifikansi 0,642 yang berarti terdapat hubungan antara kecanduan game online terhadap kecemasan akademik. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara kecanduan game online terhadap kecemasana akademik diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan semakin tinggi tingkat kecanduan game online pada siswa maka akan semakin tinggi kecemasan akademik yang dialami.  

 

Kata kunci: Kecanduan Game Online, Kecemasan Akademik, dan Siswa SMP.

 

 

ABSTRACT

               This research is based on the negative impact of activities outside of teaching hours at school which raises various learning problems to students. This is the reason why author did research for purpose of knowing the corelation between online game addiction and academic anxiety on students.

This research uses model quantitative wich is correlation type. Subjects in this research is about 123 students in grade 2 of student junior high school. Record Data method is done by questionnaire, while the research instrument is a scale, there are Online Game Addition scale wich contain 41 valid item and Acaemic Annxiety scale wich contain 38 valid items. The instrument reliability test is calculated using the Alpha Cronbach formula.

Data analyze using Correlation Product Moment analysis technique. The analysis score results is 0.642 which means there is positive correlation on online game addiction to academic anxiety. Based on the hypothesis test results showed the higher the level of online game addiction in students, the higher the academic anxiety experienced.

 

 

Keywords:Games Online Addiction, academic Anxiety, and student of junior high school.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.