PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan tradisional efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Mlati.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling, dengan kriteria siswa kelas VIII yang mengalami tingkat kejenuhan belajar sebanyak 6 siswa untuk kelompok eksperimen dan 6 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kejenuhan belajar yang memiliki reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,909. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan permainan tradisional efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata tingkat kejenuhan belajar kelompok eksperimen pada pretest yaitu 67,0 menjadi 57,3 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,026<0,005 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata kunci: bimbingan kelompok menggunakan permainan tradisional, kejenuhan belajar
Abstract
This study aims to determine whether or not the application of group guidance using traditional games effectively overcome the burnout of students learning SMP Negeri 1 Mlati.This research is quantitative research using quasi experimental with non-equivalent control group design. The subjects were chosen by purposive sampling, with the criterion of grade VIII students who experienced the middle category learning burnout level, as many as 6 students for the experimental group and 6 students for the control group. Data retrieval gathering was done by using study burnout scale which has Alpha Cronbach reliability of 0.909. The data of this study were analyzed by descriptive statistic and wilcoxon test.The results showed that group guidance using traditional games is effective to overcome the burnout of learning. This is shown from the average result of experimental group learning burnout level at pretest that is 67,0 to 57,3 uin result to posttest mean. The result of hypothesis test using wilcoxon test obtained by significance value 0,026<0,05 so that Ha accepted and Ho rejected.
Keywords: group guidance using traditional games, learning burnout.
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.