EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOKREALITY SEBAGAI UPAYA MENGURANGI RENDAH DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 KALIMANAH PURBALINGGA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan konseling kelompokreality sebagai upaya mengurangi rasa rendah diri pada peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Kalimanah, Purbalingga.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kalimanah.Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kalimanah Purbalingga yang berjumlah 6 (enam) anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.Objek penelitian adalah rasa rendah diri pada peserta didik di sekolah.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar angket.Teknik analisis data menggunakan teknik statistik nonparametris uji Wilcoxon melalui aplikasi SPSS for Windows 16.0 Version.Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.027 < 0.05 dan hasil pre-test maupun post-test mengalami penurunan rata-rata rendah diri dari 204 menjadi 166,16 yang dapat dikatakan bahwa layanan konseling kelompok reality efektif dalam menurunkan rasa rendah diri peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Kalimanah Purbalingga.
Kata Kunci: Konseling kelompok, teknik reality, rendah diri
Abstract
This research was aimed to know the effectiveness of a reality group counseling activity as an effort to reduce inferiority in VIII grade learners of State Junior High School (SMPN) 2 of Kalimanah, Purbalingga. This was a pre-experimental research by a one group pre-test post-test design. This design had a control group so that the researcher only compare situation during given pre-test and post-test. The research population were all VIII grade learners of SMPN 2 of Kalimanah. This research samples were all VIII grade learners of SMPN 2 of Kalimanah Purbalingga numbered 6, taken using a purposive sampling technique. The research object was submissive of learners at school. The instrument used was questionnaire sheets. Data analysis technique used a non-parametric Wilcoxon statistic technique through an SPSS for Windows 16.0 version application. The research results used a Wilcoxon test showed that the significant value 0.027 < 0.05 and pre-test as well as post-test results decreased submissive averagely from 204 to 166.16 that can be declared that reality group counseling service was effective in decreasing inferiority of VIII grade learners of SMPN 2 of Kalimanah Purbalingga.
Keywords: group counseling, reality technique, inferiority
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.