IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Andani Fitrianisa,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan bentuk perilaku agresif siswa SMK Piri 3 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) faktor penyebab perilaku agresif siswa yang mempengaruhi ketiga subjek ada lima faktor. Pertama, faktor sosial yang berasal dari teman yang berperilaku agresif, provokasi, dan hubungan yang kurang baik dengan guru. Kedua, faktor psikologis yaitu perilaku naluriah. Ketiga, faktor lingkungan yaitu suhu udara, kebisingan, dan kesesakan. Keempat, faktor keluarga yaitu kurang perhatian dan kasih sayang, orang tua yang sering bertengkar, konflik dengan orangtua atau saudara, orangtua yang melakukan kekerasan. Kelima, faktor kognisi yaitu memiliki cara pemecahan masalah yang tidak efektif dan memiliki pemahaman bahwa perilaku agresif itu tepat dan efektif, memiliki tujuan diri yang lebih dominan. (2) Bentuk perilaku agresif yang dilakukan ketiga subjek dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu agresif verbal aktif langsung, agresif verbal aktif tidak langsung, agresif verbal pasif langsung, agresif fisik aktif langsung, agresif fisik pasif langsung.

 

Kata kunci: perilaku agresif, siswa.

 

Abstract

The research is aimed to identify the factors caused aggressive behavior in students of SMK Piri 3 Yogyakarta. This research used qualitative with case study approach. Subjects of this research used purposive technique. The method of collecting data was deep interview and observation. The results of this research are (1) factors causing aggressive behavior of students who influence the three subjects of the  five factors. First, social factors derived from friends who behave aggressively, provocations, and bad relationships with teachers. Second, psychological factors are instinctive behavior. Third, physical environmental factors are air temperature, noise, and distress. Fourth, family factors are less attention and affection, parents who often quarrel, conflicts with parents or siblings, parents who commit violence. Fifth, cognitive factors that have an ineffective problem-solving method and have an understanding that aggressive behavior is appropriate and effective, has a more dominant purpose of self. (2) The aggressive behavior of the three subjects can be classified in several types of aggressive verbal active direct, aggressive verbal active indirect, aggressive direct passive verbal, aggressive physical active direct, aggressive physical passive direct.

 

Keywords: aggressive behavior, student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.