PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Denny Sulistiyanta,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media website  untuk layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk model penelitian pengembangan dan di uji melalui tahapan uji lapangan awal oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media, utama oleh 20 subjek, dan operasional oleh 60 subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Piyungan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif dengan skala 5. Hasil penelitian ini adalah media website untuk layanan bimbingan dan konseling bagi siswa di SMP Negeri 1 Piyungan, telah berhasil dikembangkan serta layak digunakan sebagai salah satu media dalam pemberian layanan pada bidang bimbingan dan konseling di sekolah.

Kata kunci: media website, layanan bimbingan dan konseling

Abstract

This research aims to generate media website for guidance and counseling services in the Junior High School 1 Piyungan Bantul, Yogyakarta. This research includes the development of research models in testing through the early stages of field testing by two subject matter experts and a media expert, the main by the 20 subjects, and operations by 60 subjects. Subjects in this study were students of Junior High School 1 Piyungan. The research data was obtained using a questionnaire. The data analysis using quantitative descriptive analysis of qualitative data is then converted to the scale of 5. The results of this study are media website for guidance and counseling services for students in Junior High School 1 Piyungan has successfully developed and is eligible to be used as a medium for the delivery of services in the field of guidance and counseling in schools.

Keywords: media website, guidance and counseling services

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.