UNDERACHIEVEMENT PADA ANAK SUPERIOR DI KELAS AKSELERASI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang karakteristik anak superior
yang mengalami underachievement dan untuk menemukan penyebab munculnya permasalahan underachievement
pada anak superior di kelas akselerasi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah
kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan sumber data penelitian menggunakan tehnik purposive yaitu
sampel yang dipilih karena memang menjadi sumber informasi, sehingga subjek yang diteliti adalah siswa yang
mengalami underachievement dengan subjek berjumlah 3 siswa. Hasil penelitian terhadap 3 subyek yang
mengalami underachievement menunjukkan bahwa (1) karakteristik anak superior yang underachievement ketiga
subyek sama yaitu: Persepsi negatif akan kemampuan diri, hasrat untuk berprestasi yang rendah, locus control
eksternal, tidak tekun, dan apatis terhadap pelajaran. Sedangkan subyek Mega berbeda dari subyek Tegar dan Dika
yaitu sering melamun saat proses belajar mengajar berlangsung. (2) penyebab munculnya permasalahan pada anak
superior yang underachievement ketiga subyek yaitu: a) faktor lingkungan sekolah, meliputi kurikulum dan materi
pelajaran yang terlalu padat, b) faktor guru yaitu persepsi dan harapan guru yang rendah terhadap kemampuan
ketiga subyek, c) faktor keluarga yaitu Orang tua tidak peduli terhadap arti sebuah prestasi dan tidak memberi
perhatian terhadap potensi yang dimilki ketiga subyek.
Kata kunci: underachievement, anak superior, kelas akselerasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.