IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 1 PURWOSARI

Intan Rolystiana Devi, Pendidikan Teknik Elektronika, FT UNY, Indonesia
Djoko Santoso, Pendidikan Teknik Elektronika, FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas X TAV setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain dari Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar mampu meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Purwosari. Untuk partisipasi, diperoleh rata-rata persentase sebesar 56,39% pada siklus I dan meningkat menjadi 75,57% pada siklus II. Untuk prestasi belajar, sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing diperoleh rata-rata nilai pra-siklus sebesar 66,56. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,34. Hasil tersebut kembali mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,37.
Kata Kunci: Snowball Throwing, partisipasi, prestasi belajar, Teknik Elektronika Dasar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i5.4240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)



View My Stats

Flag Counter