PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNIK LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK SLEMAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Suparman Suparman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan afektif kelas X program keahlian audio video SMKN 2 Depok Sleman pada mata pelajaran Teknik Listrik, (2) mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan kognitif kelas X program keahlian audio video SMKN 2 Depok Sleman pada mata pelajaran Teknik Listrik, (3) mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas X program keahlian audio video SMKN 2 Depok Sleman pada mata pelajaran Teknik Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan dengan diterapkannya strategi pembelajaran Inkuiri. Kompetensi siswa pada standar kompetensi Teknik Listrik mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif adalah sebagian besar siswa berperilaku baik, hal tersebut ditunjukan dengan jumlah siswa yang telah berperilaku baik pada pertemuan pertama siklus-1 35,31% meningkat menjadi 79,6% dipertemuan kedua siklus-2. Peningkatan aspek psikomotor ditunjukan dengan tercapainya jumlah siswa yang telah memenuhi nilai KKM sejumlah 75%, jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM pada pratikum1 siklus-1 sebesar 84,37% dengan jumlah siswa yang lulus 27 siswa meningkat menjadi 90,6% dengan siswa yang lulus 29 siswa pada praktikum1 siklus-2. Peningkatan yang terjadi pada aspek kognitif dapat dilihat dari jumlah siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 75%, jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM pada pretest siklus-1 adalah 21,% menjadi 77,3% pada postest siklus-1, dan jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM 34,4,% pada pretest siklus-2 menjadi 81,2,3% pada postest siklus-2.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpte.v5i4.3460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)