PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS FESTO FLUIDSIM v4.2 SEBAGAI BAHAN AJAR SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS FESTO FLUIDSIM v4.2 SEBAGAI BAHAN AJAR SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK
DEVELOPMENT OF LEARNING MODULE USING FESTO FLUIDSIM V4.2 AS TEACHING MATERIALS OF ELECTROPNEUMATIC CONTROL SYSTEM
Oleh : Yosa Nuara Dano, Zamtinah
Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
yosanuaradano@gmail.com, zamtinah@uny.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan modul cetak pada mata peajaran Sistem Kontrol Elektropneumatik berbasis Festo Fluidsim v4.2 sebagai bahan pembelajaran siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri di SMK N 2 Depok. Pengembangan modul pembelajaran mengacu pada jenis model pengembangan dengan konsep ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) menurut Robert Maribe Branch. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII jurusan Teknik Otomasi Industri sebanyak dua puluh peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan bahan ajar. Validitas instrumen dilakukan oleh expert judgment, sedangkan reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penilaian tingkat kelayakan modul pembelajaran meliputi aspek materi, media dan penilaian siswa sebagai pengguna. Hasil evaluasi komponen ahli materi mendapatkan kategori “sangat layak” dengan rerata skor sebesar 3,23 dari nilai skor maksimal 4, rerata skor total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 3,12 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji coba lapangan awal sebesar 3,39 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji coba lapangan operasional sebesar 3,29 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”.
Kata kunci : pengembangan modul, ADDIE, pneumatik, Festo Fluidsim v4.2.
Abstract
This research aims to develop and test the performance of learning module based Electropneumatic Control System Fluidsim Festo v4.2 as a learning material for 11th grade students of Industrial Automation Engineering at SMK N 2 Depok. Learning module development refered to ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) model by Robert Maribe Branch. The subjects were 20 students. Data collecting used Likert scale questionnaire with four options to obtain data on feasibility of teaching materials. Validity of instruments was made by expert judgment, while the reliability of instrument was calculated using Cronbach’s Alpha formula. Data analysis used quantitative descriptive analysis. Feasibility level assessment of learning modules covered aspects of matter, media and assessment of students as users. The results of the research showed that: (1)the evaluation component from subject matter experts categorized the learning module as "very feasible" with a mean score of 3.23 out of 4, (2) the evaluation component from media experts categorized the learning module as "very feasible" with a mean score of 3.12 out of 4, (3)the mean total score of initial-in-class was 3.39 out of 4 that was categorized as "very feasible", (4)the mean total score of operational in class result was 3.29 out of 4 that was categorized as " very feasible ".
Keywords : development of module, ADDIE, pneumatics, Festo Fluidsim v4.2.
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i2.8670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro