PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PCB MENGGUNAKAN PROTEUS 7
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PCB MENGGUNAKAN PROTEUS 7
DEVELOPMENT OF LEARNING MODULE OF PCB DRAWING USING PROTEUS 7
Oleh : Yuwono Bimo Purnomo, Nurhening Yuniarti
Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
yuwonobimop@gmail.com, nurhening@gmail.com
Abstrak
Tugas akhir skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan modul yang tepat untuk kompetensi menggambar PCB dengan software Proteus 7, dan (2) mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Menggambar PCB dengan software Proteus 7 untuk dipakai sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram. Subjek Penelitian adalah Kelas XI Jurusan Teknik Otomasi Industri sebanyak dua puluh lima peserta didik di SMKN 2 Depok. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala descriptive graphic rating dengan empat alternatif skala penilaian. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, sedangkan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan rerata skor yang dikonversikan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Menggambar PCB dengan Proteus 7. Langkah yang dilakukan dalam mengembangkan modul mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu: (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli media mendapatkan rerata total sebesar 3,57 dari rerata total maksimal 4, sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”. Hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli materi mendapatkan rerata total sebesar 3,21 dari rerata total maksimal 4, sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”. Hasil penilaian kelayakan modul oleh pengguna mendapatkan rerata total sebesar 3,36 dari rerata total maksimal 4, sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”.
Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, ADDIE, Proteus 7
Abstract
This research aims to: (1) find out the process of developing “Drawing PCB Layout using Proteus 7” module, and (2) determine the feasibility of “Drawing PCB Layout using Proteus 7” module, to use as teaching materials. This research is a research and development. This research was conducted on Programmed Control System course. This research subjects are 25 students of 11th grade of Industrial Automation Engineering at SMKN 2 Depok. The instrument used was Descriptive-Graphic-Rating-Scale questionnaire with four optional answers. Validity of the instrument was judged with expert judgement, the reliability test used alpha formula. The data was analyzed with converted average scores. This development research produced a “Drawing PCB Layout using Proteus 7” module. This research used ADDIE research and development procedure with five stages, consists of: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The result of this research were: by media experts, the feasibility of module got the total average total 3.57 out of 4 categorized as “highly feasible”; by subject experts, the feasibility of module obtained the total average 3.21 out of 4 categorized as “highly feasible”; by the user, the feasibility of module achieved the total average 3.36 of 4 categorized as “highly feasible”.
Keywords: developing a learning module, ADDIE, Proteus 7
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro