PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAPIS SINYAL AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

Sakdiah Sakdiah, , Indonesia

Abstract


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAPIS SINYAL AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

 

THE DEVELOPMENT OF AUDIO SIGNAL FILTER LEARNING MEDIA FOR AUDIO SIGNAL CHARACTERISTIC SUBJECT

 

Oleh: Sakdiah, Drs. Sunomo, M.T.

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

sakdiahwaph@gmail.com, omonusyogya@yahoo.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat desain, (2) mengetahui unjuk kerja dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tapis sinyal audio pada mata pelajaran sifat dasar sinyal audio di SMK N 1 Pundong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan konsep ADDIE menurut Novan Ardy Wiyani (2013). Hasil penelitian adalah: (1) desain media tapis sinyal audio terdiri dari trainer tapis sinyal audio dan buku petunjuk; (2) unjuk kerja media pembelajaran tapis sinyal audio sudah sesuai dengan tujuan saat mediadiujikan kepada 34 siswa kelas XI Teknik Audio Vidio; (3) kelayakan media pembelajaran tapis sinyal audio setelah dinilaioleh ahli media, ahli materi dan siswa memperoleh hasil sangat layak,sangat layak dan layak.

 

Kata kunci: media, pembelajaran, tapis, sinyal, audio

 

Abstract

This study aims to: (1) make the design, (2) know the performance and (3) know the feasibility of audio signal learning media for audio signal characteristic subject at SMK N 1 Pundong. The method used in this study was research and development with ADDIE developed by Novan Ardy Wiyani (2013). The results of this study were: (1) the design of audio signal filter consisted of anaudio signal filter trainer and a manual book; (2) the performance of audio signal filter learning media fulfilled the purposes ifthe mediaapplied to 34 students of XI grade of Audio Video Engineering; (3) the feasibility of audio signal filter learning mediahad been evaluated by media experts,material experts, and students’ assessment,classified as highly feasible, highly feasible and feasible respectively.

 

Keywords: media, learning, filter, signal, audio.


Full Text:

PDF 20-27


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v7i1.8649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro