PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC-JIGSAW GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK

Nilam Nawang Puspita, , Indonesia

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran scientific-jigsaw  siswa kelas X pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik, (2) prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran scientific-jigsaw. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaboratif antara guru dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran scientific-jigsaw  keaktifan dan presatsi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata hasil observasi sebelum tindakan dan pada setiap siklusnya, yaitu : (1) 29,1% pada pra-tindakan yang masih dalam kategori sedang, 42,8% pada siklus I yang sudah masuk kategori tinggi, dan 57,4% pada siklus II masih dalam kategori tinggi, (2) prestasi belajar siswa yang terdiri dari pemahaman dan keterampilan siswa mengalami peningkatan. Pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil pos tes siklus I hanya 25% dari kesulurah siswa yang memenuhi KKM lalu meningkat pada pos tes siklus II menjadi 71,4% dari seluruh jumlah siswa memenuhi nilai KKM. Skor rata-rata keterampilan siswa meningkat dari 56,25% pada siklus I dan 78,03% pada siklus II.

 

Kata kunci: model pembelajaran, jigsaw, keaktifan, prestasi

Full Text:

PDF 28-35


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i4.5704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro