EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Ibnu Setyo Nugroho, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif dan perbedaan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah kuasi experimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui ranah kognitif dan angket untuk mengetahui ranah afektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji N-gain, dan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar 2,818 > ttabel sebesar 2,021; dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar 1,129 < ttabel sebesar 2,021.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, media macromedia flash, dan instalasi penerangan listrik

 

Abstract

The purposes of this research were to find out the improvement difference of electric lighting installation competence on cognitive domain and difference of electric lighting installation competence on affective domain between the class using problem-based learning model with macromedia flash and the class using conventional learning models at SMK Negeri 2 Wonosari. This research used quasi-experiment. Data was collected using tests to determine the cognitive competence and questionnaires to determine the affective competence. The data analysis techniques were descriptive analysis, uji N-gain, uji-t. The results showed there was a significant difference on improving the electric lighting installation competence on cognitive domain between the class using problem-based learning model with macromedia flash and the class using conventional learning models, which tvalue 2.818 > ttable of 2.021; and there was no significant difference in electric lighting installation competence on affective domain between the class using problem-based learning model with macromedia flash and the class using conventional learning models, which tvalue 1.129 < ttable of 2.021.

 

Keywords: problem-based learning, macromedia flash, electric lighting installation



Full Text:

DONWLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v5i3.2211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro