PENGEMBANGAN SISTEM TES TERKOMPUTERISASI SEBAGAI MEDIA LATIHAN SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Faizal Guntur Pratama, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh hasil pengembangan sistem tes terkomputerisasi sebagai media latihan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada mata pelajaran teori kejuruan Teknik Elektronika Industri, (2) mengetahui tingkat kelayakan dari sistem tes terkomputerisasi, (3) mengetahui kinerja sistem tes terkomputerisasi, (4) mengetahui validitas sistem sebagai instrumen tes terkomputerisasi, dan (5) mengetahui reliabilitas sistem sebagai instrumen tes terkomputerisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan model pengembangan waterfall menurut Sommerville (2011). Hasil dari penelitian ini adalah : (1) produk akhir yang telah dikembangkan adalah sistem tes terkomputerisasi dengan metode pengacakan urutan soal dan pemberian pembahasan soal pada hasil tes peserta untuk siswa SMK dengan menggunakan soal ujian nasional teori kejuruan Teknik Elektronika Industri tahun pelajaran 2013/2014. Tipe pengguna dalam sistem terdiri atas administrator, guru dan siswa. Sistem tes terdiri dari halaman pengaturan pengguna, tes, soal dan pembahasan, serta hasil tes. (2) Kelayakan sistem oleh ahli media CBT mendapat nilai rerata jumlah skor 83 atau 79,8% dari skor maksimal sehingga masuk dalam kategori layak. Kelayakan sistem oleh ahli TI mendapatkan nilai rerata jumlah skor 91,5 atau 81,7% dari skor maksimal sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, guru dan siswa memberikan penilaian bahwa sistem yang dikembangkan mempunyai rerata jumlah skor masing-masing 61,05 dan 84,79 dan masuk dalam kategori sangat baik. (3) Seluruh fungsi program dalam sistem tes terkomputerisasi telah dapat dijalankan sesuai dengan skenario pada pengujian black box serta mampu bekerja dengan baik untuk melayani tes terhadap siswa pada ujicoba terbatas di dua SMK. (4) Berdasarkan analisis validitas, tingkat kesukaran dan daya beda dari sejumlah 40 soal hanya terdapat 5 soal yang valid. (5) Hasil perhitungan reliabilitas soal tes diperoleh nilai koefisien reliabilitas =0,756 dan masuk dalam kategori tinggi.

 

Kata kunci: sistem tes, terkomputerisasi, ujian nasional

Abstract

This study aims to: (1) get the development result of computerized test system as a training media of vocational high school (SMK) students on vocational theory of Industrial Electronics Engineering, (2) determine the feasibility of the computerized testing system, (3) find out the performance of the system, (4) determine the validity of system as a computerized testing instrument, and (5) determine the reliability of system as a computerized testing instrument. This study uses Research and Development approach with waterfall model of Sommerville (2011). The result of this study are: (1) the final product of this study is a computerized testing system with a method of randomizing the order of questions, and aftermath discussion answering each question on the students’ test, using the questions of vocational theory of Industrial Electronics Engineering national final examination of 2013/2014. Users of the system are adminisistrators, teachers, and students. The system consists of user management page, test page, question and discussion management page, and also result page. (2) The average score and percentage of the feasibility by CBT media expert are 83 and 79.8% of maximum score respectively and being categorized feasible. The average score and percentage of the feasibility by IT expert are 91.5 and 81.7% of maximum score respectively and being categorized very feasible. Teachers and students as users also evaluated the system yielding average score 61.05 and 84.79, and both categorized very good. (3) All functions of the program can be executed well in black box testing and could work well to serve students’ test in limited trial tests in two SMKs. (4) Based on analysis of validity, level of difficulty, and ability to distinguish smart students, it was concluded that there were 5 out of 40 questions valid. (5) The reliability of test question calculation results =0.756 and categorized high.

 

Keywords: test system, computerized, national final examination


Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i2.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro