PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI; dan (2) mengetahui kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan tiga ahli media. Selain itu dilakukan pengujian respon pada pengguna akhir yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif instalasi motor listrik terdiri dari lima komponen utama, yaitu KI dan KD, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, profil, dan petunjuk; (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 58 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 65 dari skor maksimal sebesar 92 dengan kategori ”layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir sebesar 74,08 dari skor rerata maksimal sebesar 92 dengan kategori “baik” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Instalasi Motor Listrik, kelas XI
Abstract
This research aims to: (1) developing a multimedia interactive learning on subjects of electric motor installation class XI; and (2) find out the feasibility of multimedia interactive learning on subjects electric motor installation class XI. This is the kind of research the research development (research and development). Development model used was ADDIE that consists of (1) Analysis, (2) Design, (3)Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. This research was conducted at SMK Negeri 3 Yogyakarta with the subject class XI Installation engineering program utilization of electric power. Product feasibility testing phase was conducted by two experts of the material and three media expert. In addition done testing the response on the user end, namely students. Data analysis techniques using instruments question form and descriptive analysis techniques. The results of this study are: (1) the results of the development of multimedia interactive learning electric motor installation consists of five major components, namely, KI and KD, learning material, evaluation of learning, profiles, and instructions; (2) the results of an assessment of the appropriateness of the material gets average score 58 out of a maximum score of 80 with a category of "decent". Feasibility assessment by experts of the material gets average score of 65 the maximum score of 92 with a category of "decent". As well as the average score obtained from the end user's assessment of 74.08 of maximum average score of 92 with the category of "good" is used as a medium of instruction.
Keywords: Interactive Multimedia learning, Electric Motor Installation, class XI
Full Text:
DOWNLOAD PDFDOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i2.2174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro