PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK MIKROPROSESOR BERBASIS ANDROID
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini siswa pada platform Android, (2) mengetahui kelayakan aplikasi media pembelajaran adalah: (1) mengetahui perancangan aplikasi media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan menggunakan metode waterfall dari Pressman. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) perancangan media pembelajaran interaktif teknik mikroprosesor berbasis android dengan menggunakan IDE Eclipse (2) penilaian kelayakan aplikasi media pembelajaran interaktif teknik mikroprosesor berbasis android oleh ahli materi adalah 3,40, oleh ahli media adalah sebesar 3,71, dan oleh siswa adalah 3,34. Setelah semua dikonversikan dalam 4 skala likert dapat dikatakan aplikasi media pembelajaran interaktif teknik mikroprosesor berbasis android termasuk kategori “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media pembelajaran, android
Abstract
The purposes of this study were to: (1) determine the design of interactive learning media applications as a learning media for students with Android platform, (2) determine the feasibility of interactive learning media applications using the android software as a learning media for the students. This study was development research, with waterfall development model using the method of Pressman. The research data collection technique was conducted by observation, interviews, and questionnaires.The result show: (1) the design of interactive learning media of microprocessing techniques using android IDE Eclipse (2) the feasibility assessment of interactive learning media application microprocessing techniques using the android software by three groups including material expert, media expert, and students. The interactive learning model was categorised very feasible with score of 3.40 and 3.71 based on the material and media expert respectively. Students responses obtained the score of 3.34 with categorized as highly feasible to be used as a media of learning.
Keywords: Learning media, android
Full Text:
DOWNLOADDOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i1.1766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro