PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING MOTOR AC 3 FASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MESIN LISTRIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem Monitoring Motor AC 3 Fasa pada mata kuliah mesin listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Produk diuji oleh ahli materi, ahli media, dan mahasiswa sebagai pengguna. Hasil penilaian ahli materi memperoleh rerata skor 3,39 dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli media memperoleh rerata skor 3,21 dengan kategori layak. Hasil penilaian mahasiswa terhadap media pembelajaran memperoleh rerata skor 3,20 dengan kategori layak. Sehingga media pembelajaran Sistem Monitoring Motor AC 3 Fasa layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah mesin listrik.
Kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, sistem monitoring
Abstract
This research aims to develop and to know feasibility of learning media 3 phase AC Motor Monitoring System for electrical machine course. This research use Research and Development method with ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) development model. Data is collected through observation and questionnaire. Products tested by material experts, media experts, and students as users. The result of material experts assessment obtained a mean score of 3.39 and categorized as highly feasible, and media experts assessment obtained a mean score of 3.21 and categorized as feasible. The result of students assessment of learning media obtained a mean score of 3.20 and categorized feasible. So that the 3 Phase AC Motor Monitoring System learning media feasible enough to use as a learning media of electrical machine course.
Keywords: research and development, learning media, monitoring system
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i5.13444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro