EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN PROTEUS UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pencapaian kompetensi aspek kognitif digital dasar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuan Proteus dengan yang menggunakan media pembelajaran trainer; (2) efektivitas pembelajaran pada kompetensi Digital Dasar yang menggunakan media pembelajaran berbantuan Proteus dengan yang menggunakan media pembelajaran trainer. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model quasi experiment. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) posttest kompetensi siswa aspek kognitif yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbantuan Proteus berbeda secara signifikan dengan pretest-nya dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,00 < 0,05; (2) pembelajaran kompetensi dasar Digital Dasar menggunakan media pembelajaran berbantuan Proteus lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif jika dibandingkan dengan pembelajaran Digital Dasar menggunakan media pembelajaran trainer. Hasil perolehan nila Gain rata-rata pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,62 lebih tinggi daripada nilai Gain rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 0,51
Kata kunci: Kompetensi, Kognitif, Proteus, Digital Dasar.
Abstract
This study was aimed tofind out: (1) differences in the achievement of basic digital cognitive aspects of students who use Proteus-assisted learning media with those who use trainer-assisted learning, (2) effectiveness of learning on Digital Basic competencies that use Proteus-assisted learning media with those using trainer learning media. This research is an experimental research with quasi experiment model. The results of the research note that: (1) the posttest of students' competency in the cognitive aspects that followed classes using Proteus-assisted learning media differed significantly from the pretest with Sig.count of 0.00 <0.05, (2) learning which is basic competency of Basic Digital using Proteus-assisted learning media is more effective to improve student competencies on cognitive aspects compared to Basic Digital learning using trainer-assisted learning. The result show that the average gain value in experiment class 2 is 0.62, higher than the average Gain value of experimental class 1 (0.51).
Keywords: Competence, Cognitive, Proteus, Basic Digital.
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i4.13436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro