PENGEMBANGAN MODUL PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik untuk siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK N 2 Pengasih, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul Pekerjaan Dasar Elektromekanik sebagai sumber belajar siswa ditinjau dari aspek materi dan aspek media, (3) mengetahui kebermanfaatan modul Pekerjaan Dasar Elektromekanik bagi pengguna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang diadaptasi dari Lee & Owens dengan tahapan-tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Modul Pekerjaan Dasar Elektromekanik dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE; (2) tingkat kelayakan modul ditinjau dari hasil penilaian ahli materi didapatkan rerata skor 99 dari skor maksimum 120 sehingga termasuk kategori “sangat layak”, tingkat kelayakan modul ditinjau dari hasil penilaian ahli media didapatkan rerata skor 133 dari skor maksimum 164 sehingga termasuk kategori “layak”; (3) tingkat kebermanfaatan modul bagi pengguna ditinjau dari hasil penilaian oleh siswa didapatkan rerata skor 63,87 dari skor maksimum 68 sehingga termasuk kategori “sangat layak”.
Kata kunci: modul pembelajaran, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, SMK
Abstract
This study aims to: (1) know the development process of Electromechanic Basic Works learning module for X grade students Department of Installation Technique of Electric Power Utilization at State Vocational High School 2 Pengasih; (2) find out the feasibility level of the module according to material aspect and media aspect; (3) know the usefulness of Electromechanic Basic Works learning module for users. This research was research and development which refers to the development model of ADDIE adapted from Lee & Owens including of: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The result of this research are: (1) Electromechanic Basic Works learning module was developed; (2) module feasibility level evaluated by material experts obtained average score 99 out of 120 which categorized as “highly feasible”, module feasibility level evaluated by media experts obtained average score 133 out of 164 which categorized as “feasible”; (3) module utilization rate assessed by the students got the average score 63.87 out of 68 so that categorized as “highly feasible”.
Keywords: learning module, Electromechanic Basic Works, Vocational High School
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i3.12959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro