FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA N KELAS X IPS SEMESTER GASAL DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi peserta didik SMA N kelas X semester gasal di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA N di Kabupaten Sleman yang menggunakan Kurikulum 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS SMA N 1 Godean, SMA N 1 Seyegan, dan SMA N 1 Minggir yang berjumlah 180 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor model confrimatory.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor internal yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi secara berurutan yakni, faktor kebiasaan belajar sebesar 34,4%, faktor motivasi belajar sebesar 11,8%, faktor kemampuan belajar sebesar 7,4%, dan faktor minat belajar sebesar 5,9%. Terdapat 4 faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar ekonomi secara berurutan yakni, faktor guru sebesar 31,4%, faktor orang tua sebesar 11,9%, faktor teman bergaul sebesar 10,2% dan faktor lingkungan sebesar 7,1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (1996). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Adika, Nur. (2010). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 2 Teluk Kuantan. Skripsi: FKIP Universitas Islam Riau.
Cahyono, Suhas dan Suhartono (2012). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Makalah disajikan dalam Semiinar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, 10 November 2012.
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, Ratna P. (2006). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES.
Dewantara, I Putu Mas. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII E SMPN 5 Negara dan Strategi Guru untuk Mengatasinya”. Jurnal Pendidikan Bahasa: Bali: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha, 2012.
Fadil, Moh. Lutfi dan Ismiyati (2015). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kesulitan Belajar pada Mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kendal. Economic Analysis Journal Volume 4 Nomor 2. Semarang: Pendidikan Ekonomi, UNNES, 2015.
Hamalik, Oemar. (1980). Metoda dan Kesulitan Kesulitan Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Irham, M. dan Wiyani, N.A. (2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Jamal, Fakhrul. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, N0. 1, Maret-September 2014, hlm. 18-36. Meulaboh: Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa, 2014.
Karyati. (2014). Identifikasi Kesulitan Belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan Vol 16, Nomor 1. Blitar: STKIP PGRI Blitar, 2014.
Krisher, Hagit dan Zipora Shechtman. (2016). Factor’s in the Adjustment ad Academis Achievment of College Student with Learning Disabilities in Israel. International Research in Higher Education Volume 1 Nomor 4 (http://irhe.sciedupress.com diakses pada tanggal 15 Juli 2017)
Kusuma, Anggraini Dhian (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-5. Yogyakarta: 2016.
Maftukhah, Lina. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri Plantungan Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal Volume 1 Nomor 1. Semarang: Pendidikan Ekonomi, UNNES, 2012.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standart Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pradika, K., Kriswandani & Tri Nova H.Y (2014). Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTS Amal Sholeh Kecamatan Getasan. Jurnal Pendidikan: Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 2014.
Rahma, Aulia. (2014). Faktor-Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Sijunjung. Journal of Economic and Economic Education Vol 3, Nomor 1. Sumatera Barat: Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Sumbar, 2014.
Slameto. (1994). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wulandari, Meilisa, Sutrisno Djaja, Pudjo Suharso. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada MateriJuurnal Penyesuian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun jaran 2013/2014). Jurnal Edukasi UNEJ 2014, I (2): 23-27. Jember: Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNEJ, 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.