PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA

Denna Anggritasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. 2) Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan  pada peraturan sekolah, dengan nilai  thitung 3,228 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah, dengan nilai thitung 2,798 dan nilai signifikansi sebesar 0,006  3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah dengan nilai Fhitung 16,721 dan nilai signifikansi sebesar  0,000. Besarnya  koefisien determinasi (R2) sebesar 0,218 (21,8%). Hasil ini mengindikasikan bahwa kedisiplinan pada peraturan sekolah dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua sebesar 21,8%, sedangkan sisanya 78,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Kecerdasan Emosional; Pola Asuh demokratis; Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY

AI. Tridhonanto. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia

Aprilica Manggalaning Murti, Bhisma Murti, dan Nunuk Suryani. 2015.

Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Yappi Sragen (Relationships Parenting Emotional Intelligence And Parents Student Learning By Discipline Academy Of Midwifery Yappi Sragen). IJMS – Indonesian Journal On Medical Science – Volume 2 No 1 – Januari 2015, hal. 46- 51.

Arsyad. 2010. Media Pengajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada

BNN. 2012. Mahasiswa & Bahaya Narkotika. Jakarta: Badan Narkotika Nasional

Daniel Goleman. 2004. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

_____________. 2007. Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ. (Terjemahan: T. Hermaya). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dolet Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo

Tembong Prasetyo. 2003. Pola Pengasuhan Ideal. Jakarta: Elex Media

Geoff Colvin. 2008. 7 Langkah untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif: Petunjuk Bagi Kepala Sekolah dan Tim Kepemimpinan. Penerjemahan: Lestari Henni. Jakarta: Indeks

Hurlock, Elizabeth. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: PT Erlangga

Komnas PA. 2011. Catatan Akhir Tahun 2011 Komisi Nasional Perlindungan Anak. Diakses dari http://komnaspa.or.id/2011/12/21/catatan-akhirtahun-2011-komisi-nasional-perlindungan-anak/ pada tanggal 24 Maret 2016. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/02/15/145567/BKKBN-Diminta-Atasi-Seks-Bebas-di-Kalangan-Remaja pada tanggal 24 Maret 2016.

Sri Habsari. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.