PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PENDIDIKAN ORANG TUA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XI SMA N 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Ilham Budisantoso, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, pendidikan orang tua, dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi bagi siswa kelas XI SMA N 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi, (2) Variabel pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi, (3) Variabel teman sebaya berpengaruh positif terhadap minat melanjukan perguruan tinggi, (4) Variabel motivasi belajar, pendidikan orang tua, dan teman sebaya berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi

 

Kata kunci: motivasi belajar, pendidikan orang tua, teman sebaya, dan minat melanjutkan perguruan tinggi.

 

Abstract: This study aims to find out the effects of the learning motivation, parents’ education, and peers on the interest in sudying at higher education among Grade XI students of SMAN 2 Klaten in the 2015/2016 academic year. This was an ex post facto study. The data were collected by a questionnaire and documentation and the data analysis technique was multiple regression analysis The results of the study show that:  (1) the variable of learning motivation has a positive effect on the interest in studying at higher education, (2) the variable of parents’ education has a positive effect on the interest in studying at higher education, (3) the variable of peers has a positive effect on the interest in studying at higher education, and (4) the variables of learning motivation, parents’ education, and peers simultaneously have a positive effect on the interest in studying at higher education.

 

Keywords: learning motivation, parent’s education, peers, and the the interest in studying at higher educatio


References


Ayu Dwi Febriani.2015. Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, Dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah Yang Bertempat Tinggal Di Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). Penduduk Indonesia menurut Provinsi 1971, 1980, 1990, 1995, 2000 dan 2010. Diakses melalui https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1267 pada tanggal 15 juni 2016.

Bimo Walgito.2007. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Bullock, J. R. 1998. Loneliness in Young Children. ERIC Digest. Diakses melalui http://d-tarsidi.blogspot.co.id/2007/12/peranan-hubungan-teman-sebaya-dalam.html?m=1 pada tanggal 21 Mei 2016

Burton, C. B.1986. “Children’s Peer Relationships”. ERIC Digest. Urbana IL: ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education. Diakses melalui http://d-tarsidi.blogspot.co.id/2007/12/peranan-hubungan-teman-sebaya-dalam.html?m=1 pada tanggal 21 Mei 2016

Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Education For All (EFA) Global Monitoring Report.2001. The Hidden Crisis Armed Conflict and Education. Diakses dari: http://disdikpora.palangkaraya.go.id/berita-160-kualitas-pendidikan indonesia-ranking-69-tingkat-dunia.html pada tanggal 9 Februari 2016.

Elfin Ardi Aryanto.2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN 1 Jogonalan untuk Melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

http://www2.jawapos.com/baca/artikel/17442/Meneropong-Jalan-Masa-Depan-Lulusan-SMA-Sederajat

Mindarti.2014. Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Anak Masyarakat Transmigrasi terhadap Keputusan Anak Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. Skripsi.STKIP PGRI Sumatera Barat.

Rita Eka Izzaty, dkk.2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.