UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi, (2) besarnya peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMAN 2 Bantul yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dari siklus I ke siklus II: (1) keaktifan belajar siswa yang termasuk kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 50%, (2) hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 35%.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together (NHT)
Abstract
This study aimed to investigate: (1) the extent of the improvement of students’ learning activeness through the application of the cooperative learning model of the Numbered Heads Together (NHT) type in the economics subject, and (2) the extent of the improvement of students’ learning achievement through the application of the cooperative learning model of the Numbered Heads Together (NHT) type in the economics subject. This was classroom action research (CAR) study conducted in collaboration with the economics subject teacher. The study was conducted in two cycles. Each cycle consisted of the stages of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were Grade X of Social Studies 2 of SMAN 2 Bantul with a total of 20 students. The data were collected through observations, tests, and documentation. The results of the study of the application of the cooperative learning model of the Numbered Heads Together (NHT) type from cycle I to cycle II were follows: (1) the students’ learning activeness in the high category improved by 50%, and (2) their cognitive learning achievement improved by 35%.
Keywords: Learning Activeness, Cognitive Learning Achievement, Numbered Heads Together (NHT)
Full Text:
PDFReferences
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.