PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG FASILITAS DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA LAYANAN PERPUSTAKAAN PUSAT UNY

Warastri Mutada Ngulandari, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY, 2) pengaruh persepsi mahasiswa tentang pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas dan pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan populasi mahasiswa UNY dan sampel yang digunakan sebanyak 251 mahasiswa UNY pengguna perpustakaan pusat UNY. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang fasilitas perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY, 2) persepsi mahasiswa tentang pelayanan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY, 3) variabel persepsi mahasiswa tentang fasilitas dan pelayanan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY. Koefisien determinasi (R2) sebesar  0,432 dapat diartikan bahwa 43,2% kepuasan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan pusat UNY dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang fasilitas dan pelayanan perpustakaan.

 

Kata kunci: Fasilitas Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan, Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan Perpustakaan Pusat UNY

 

Abstract

This study aims to find out the student’s perception effect of 1) the facilities service to user college student satisfaction of UNY'S library service center, 2) the library’s service to college student satisfaction as the user of UNY'S library service center and 3) the facilities and library’s service to college student satisfaction as the user of UNY'S library service center. This research is an ex-post facto study and the sample which is used 251 college student as the user of UNY'S library service center. The data were analyzed by means of multiple regression. The results of the study show the student’s perception effect of: 1) the facilities library’s service has a significant and positive effect to college student satisfactions of UNY'S library services center, 2) the library’s service has a significant and positive effect to college student satisfactions of UNY'S library services center, 3) the facilities and library’s service variable are simultaneously affect to college student satisfactions of UNY'S library services center. The determination coefficient (R2) is 0,432 indicates that 43,2% of college student satisfactions of UNY'S library services center regarded by facilities and library’s services.

 

Keyword: Facility of library, Service of library, College Student Satisfaction of UNY'S Library Services Center


Full Text:

PDF

References


Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. 1995. Total Quality Management. Yogyakarta. Andi.

Noerhayati. 1987. Pengelolaan Perpustakaan. Bandung. Alumni.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Tujuan Perguruan Tinggi.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bhineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.

http://kbbi.web.id/fasilitas diakses pada jam 13.00 pada tanggal 22 Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.