PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian berjumlah 192 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data mengunakan metode analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif kedisiplinan belajar terhadap motivasi belajar. Ada pengaruh positif interaksi edukatif terhadap motivasi belajar. Ada pengaruh positif kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Ada pengaruh positif interaksi edukatif terhadap prestasi belajar. Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Kata kunci: Prestasi, Motivasi, Kedisiplinan, Interaksi Edukatif
Abstract
This study aims to find out the effects of learning discipline and educative interaction on the economics learning motivation and achievement of students. The research population comprised all the students of Grade X. The sample consisted of 192 students. The data were collected by observations and a questionnaire. The data analysis used the path analysis. The results of the study show that there is a positive effect of the learning discipline on the learning motivation. There is a positive effect of the educative interaction on the learning motivation. There is a positive effect of learning discipline on the achievement. There is a positive effect of educative interaction on the achievement. There is a positive effect of the learning motivation on the achievement.
Keywords: Achievement, Motivation, Discipline, Educative Interaction)
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Coughlan, Sean. 2015. Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global,
Indonesia Nomor 69. Diakses di http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/majalah_asia_sekolah_terbaik pada 22 Maret 2016
Coughlan, Sean. 2015. Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global, Indonesia Nomor 69. Diakses di http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/majalah_asia_sekolah_terbaik pada 22 Maret 2016
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Haqi, Luqman. (2015). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara Tahun Pelajaran 2015. Skripsi. UIN Walisongo.
Human Development Index (HDI) 2014 Report. Diakses di http://www.undp.org/content/undp/en/home/presscenter/events/2014/july/HDR2014.html pada 31 Maret 2016
Kurniati, Endah Putri. (2011). Kreativitas Belajar Dan Partisipasi Dalam Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Karanganom Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Miaralet, Gaston. (1993). Hak Anak-anak untuk Memperoleh Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
N, Driyarkara. (1980). Driyakara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Palupi, Retno Dwi. (2009). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Komparasi di SMA Unggulan dan SMA Reguler di Kota Probolinggo). Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Roestiyah. (1982). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Scubania, Dian Fawzia. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Margajaya 03 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor.
Wibisono, Jarot Andri. (2010). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri Nganjaran 03 Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
Winkel, W.S. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.