IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN BENDERA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA KELAS X IPA 3 SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Mumsika Haibah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran group investigation dengan permainan bendera pintar untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Jetis. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran group investigation (GI) dengan permainan bendera pintar dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep ekonomi siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis melalui rangkaian perbaikan siklus. Hasil tes pemahaman konsep ekonomi siswa pada siklus I menunjukkan bahwa sejumlah 19 dari 32 siswa atau 59,375% nilainya telah mencapai  KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 dari 32 siswa atau 87,5% nilainya telah mencapai KKM. Siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi pada siklus I sejumlah 6 siswa atau 18,75%. Pada siklus II mengalami peningkatan, yakni sejumlah 25 siswa atau 78,125% siswa masuk dalam kategori minat tinggi.

 

Kata kunci: model pembelajaran group investigation (GI), permainan bendera pintar, minat belajar ekonomi, pemahaman konsep ekonomi

 

Abstract

This study aimed to investigate the implementation of the group investigation learning model with the smart flag game to improve the economics learning interest and economics concept understanding of Grade X students of science 3 of SMAN 1 Jetis. This was a classroom action research (CAR) study using the model by Kemmis and McTaggart. The research subjects were Grade X students of Science 3 of SMAN 1 Jetis. The data were collected by questionnaires, tests, and documentation. The results of the study showed that the implementation of the group investigation (GI) learning model with the smart flag game was capable of improving the economics learning interest and concept understanding of Grade X of Science 3 of SMAN 1 Jetis through a series of cycle improvement. The results of the economics concept understanding test in Cycle I showed that the scores of 19 of 32 students or 59.375% attained the Minimum Mastery Criterion (MMC). In Cycle II, the condition improved; the scores of 28 of 32 students or 87.5% attained the MMC. In Cycle I, 6 students or 18.75% had high interest. In Cycle II the condition improved; 25 students or 78.125% had high interest.

Keywords: group investigation (GI) learning model, smart flag game, economics learning interest, economics concept understanding


Full Text:

PDF

References


Djali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Latuheru, John D. (1998). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Made Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : Erlangga.

Robert E. Slavin. (2008). Coopertative Learning. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Prsada.

Sugihartono, Kartika Nur Fathiyah, Farida Agus Setiawati, Farida Harahap, Siti Rohmah, Nurhayati. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Winkel. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.