PENGARUH MODAL, LOKASI, DAN JENIS DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN

Nur Isni Atun, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh modal, lokasi, dan jenis dagangan terhadap pendapatan pedagang Pasar Prambanan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pedagang pasar sebanyak 2108 pedagang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang digunakan berjumlah 95 pedagang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif modal terhadap pendapatan pedagang; 2) terdapat pengaruh positif lokasi terhadap pendapatan pedagang; 3) terdapat pengaruh jenis dagangan terhadap pendapatan pedagang; 4) terdapat pengaruh positif modal, lokasi, dan jenis dagangan terhadap pendapatan pedagang. Koefisien  determinasi R² sebesar 0,942 dapat diartikan  bahwa sebesar 94,2% variasi pendapatan pedagang Pasar Prambanan dipengaruhi oleh variasi modal, lokasi, dan jenis dagangan. Sedangkan yang sebesar 5,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sumbangan efektif variabel modal sebesar 79,67%, lokasi sebesar 9,46%, dan jenis dagangan sebesar 5,07% terhadap pendapatan pedagang Pasar Prambanan Kabupaten Sleman.

 

 

Kata kunci: Pendapatan, Modal, Lokasi, Jenis Dagangan, Regresi Berganda

 

Abstract

This study aims to find out: the effect of capitals, locations, and commodity types as an aggregate on their incomes. This was an ex post facto and casual associative study using the quantitative approach. The research population comprised all the traders at Prambanan Market, Sleman Regency, with a total of 2108 readers. Sampling technique used was purposive sampling. The sample consisted of 95 traders. The data were collected through interviews, a questionnaire, and documentation. The data analysis method was multiple regression analysis. The results of the study show that: (1) there is a positive effect of capitals on the income of traders; (2) there is a positive effect of locations on their incomes; (3) there is a positive effect of commodity type on their incomes; and (4) there are positive effects of capitals, locations, and commodity type on their incomes. The coefficient of determination (R²) of 0.942 indicates that 94.2% of the variances of the incomes of the traders at Prambanan Market is affected by the variances of capitals, locations, and commodity types. Meanwhile, the remaining 5.8% is affected by other variables not under study. The effective contribution of the capital variable is 79.67%, that of the location variable is 9.46%, and that of the commodity type variable is 5.07% to the incomes of the traders at Prambanan Market, Sleman Regency.

 

 

Keywords: Incomes, Capitals, Locations, Commodity Types, Multiple Regression


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2012. Modul Pelatihan SPSS. Diktat UNY.

Basu Swastha, Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Buchari Alma, 2012. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta

http://harianjogja.com/baca/2014/05/06/pedagang-pasar-prambanan, (diakses pada tanggal 03 November 2015).

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Diambil dari: http://jdih.setjen.kemendagri.go.id/files. Pada tanggal 03 November 2015 Pukul 14.40 WIB.

Samsul Ma’afif. 2013. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Bandarjo Ungaran Kabupaten Semarang”, Skripsi. Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.