PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) SETIA KAWAN

Putri Wahyu Anisa, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 2) pengaruh motivasi anggota terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi anggota KSP Setia Kawan yang berjumlah 455. Sampel penelitian ini sebanyak 82 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,464 pada signifikansi 0,000; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi anggota terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,435 pada signifikansi 0,004; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan dibuktikan dengan nilai F sebesar 19,029 pada signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325 dapat diartikan bahwa 32,5% loyalitas anggota KSP Setia Kawan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan motivasi anggota. Sumbangan efektif variabel kualitas pelayanan  sebesar 23,59%, dan motivasi anggota sebesar 8,93%  terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan.

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Motivasi Anggota, Loyalitas Anggota

Abstract

This study aims to investigate: 1) the effect of service quality on members’ loyalty at Setia Kawan SLC, 2) the effect of members’ motivation on members’ loyalty at Setia Kawan SLC, and 3) the effect of service quality and members’ motivation as an aggregate on members’ loyalty at Setia Kawan SLC. This was a causal associative study with a population comprising members of Setia Kawan SLC with a total of 455 members. The research sample consisted of 82 members, selected by means of the accidental sampling technique. The data were collected by a questionnaire. They were analyzed by multiple regression.The results of the study show that: 1) there is a significant positive effect of service quality on members’ loyalty at Setia Kawan SLC indicated by a regression coefficient (r) of 0.464 at a significance of 0.000; 2) there is a significant positive effect of members’ motivation on members’ loyalty at Setia Kawan SLC indicated by a regression coefficient (r) of 0.435 at a significance of 0.004;, and 3) there is a significant positive effect of service quality and members’ motivation as an aggregate on members’ loyalty at Setia Kawan SLC indicated by F value 19,029 at a significance of 0.000. The coefficient of determination (R2) of 0.325 indicates that 32.5% of members’ loyalty at Setia Kawan SLC is affected by service quality and members’ motivation. The effective contribution of the variable of the service quality is 23,59% and that of the members’ motivation is 8,93% to the satisfaction of the members of Setia Kawan SLC.

 

Keywords: Service Quality, Members’ Motivation, Members’ Loyalty


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2015). Aplikasi Komputer. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Elu, Balthasar. (2005). Manajemen Penanganan Komplain Konsumen di Industri Jasa. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi, Vol. 13, No. 3 (September).

Lyon, Down Bendall., and Thomas L. Powers. (2004). The Impact of Structural and Process Attributes on Satisfaction and Behaviour Intentions. Journal of Services Marketing.

Martoyo. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BPFE.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

________. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.