PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi dan penggunaan E-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan Ekonomi FE UNY dengan motivasi belajar sebagai variabel Intervening. Prestasi belajar dilihat dari nilai Mata Kuliah Statistika II dan Aplikasi Komputer II. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2013 sebanyak 181 mahasiswa dan Sampel yang diambil sebanyak 123 mahasiswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai probability 0,000 dan nilai critical ratio sebesar 4,061; 2) penggunaan E-learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan probability 0,009 dan nilai critical ratio sebesar 2,618; 3) kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,031 dan nilai critical ratio sebesar 2,157; 4) penggunaan E-learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,000 dan nilai critical ratio sebesar 2,948; 5) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan probability 0,006 dan nilai critical ratio sebesar 2,725.
Kata Kunci: Kualitas Informasi, Penggunaan E-Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Abstract
This study aims to find out the effects of quality information and E-learning use on the learning achievements of students of Economics Education, Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University (YSU) with learning motivation as an intervening variable. The learning achievements are represented by scores of Statistics II and Computer Application II. This was an ex post facto study. The research population comprised students of Economics Education, FE, YSU, of the 2012-2013 admission years, with a total of 181 students. The sample consisted of 123 students, selected by means of the proportional random sampling technique. The data were collected through a questionnaire and documentation. The analysis technique in the study using path analysis. The results of the study show that: 1) information quality significantly affects learning motivation with a probability of 0.000 and a critical ratio value of 4,061; 2) E-learning use significantly affects learning motivation with a probability of 0.009 and a critical ratio value of 2,618; 3) information quality significantly affects learning achievements with a probability of 0,031 and a critical ratio value of 2,157; 4) E-learning use significantly affects learning achievements with a probability of 0,000 and a critical ratio value of 2,948; and 5) learning motivation significantly affects learning achievements with a probability of 0.006 and a critical ratio value of 2,725.
Keywords: Information Quality, E-Learning Use, Learning Motivation, Learning Achievement
Full Text:
PDFReferences
Herlinda Destia Ratnasari. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kompetensi Professional Guru Melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Semarang. Economic Education Analysis Journal 3(3). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Herman Dwi Surjono. (2011). Pengantar E-learning dan penyiapan Materi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Imam Ghozali. (2008). Model Persamaan Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Peraturan perundang-undangan No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Sardiman A.M. (2014). Interaksi & Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Tomo, Bebas Widada. (2014). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus STMIK Sinar Nusantara Surakarta). Jurnal Ilmiah SINUS 12(1). Hal: 35-44. STMIK Sinar Nusatara Surakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi, dkk. (2007). Pengembangan E-learning UNY. Laporan penelitian. Lembaga penelitian UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.