HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA, PEMBERIAN TUGAS, DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 KALASAN

Yeni Katrin, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar ekonomi, 2) hubungan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar ekonomi, 3) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi, 4) hubungan antara minat baca, pemberian tugas dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan populasi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalasan yang berjumlah 90 siswa.Teknik analisis data menggunakan korelasi ganda.Hasil dalam penelitian ini menunjukan: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,328 pada taraf signifikansi 5%; 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,228 pada taraf signifikansi; 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi, ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,320 pada taraf signifikansi 5%; 4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca, pemberian tugas, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi  pada (Ry) sebesar 0,417, nilai Fhitung bernilai positif dan lebih besar dari Ftabelpada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinan (R2) sebesar 0,174.

 

Kata kunci: Minat Baca, Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi

 

Abstract

This study aims to find out: 1) the relationship between reading interest and economics learning achievement, 2) the relationship between task assigning and economics learning achievement, 3) the relationship between learning motivation and economics learning achievement, and 4) the relationship between reading interest, task assigning, and learning motivation as an aggregate and economics learning achievement. This was an ex-post facto study with a population comprising Grade XII students of Social Studies at SMAN 1 Kalasan with a total of 90 students. They were analyzed by means of multiple correlation. The results of the study are as follows. 1) There is a significant positive relationship between reading interest and economics learning achievement; this is indicated by a correlation coefficient (rx1y) of 0.328 at a significance level of 5% . 2) There is a significant positive relationship between task assigning and economics learning achievement; this is indicated by a correlation coefficient (rx2y) of 0.228 at a significance level of 5%. 3) There is a significant positive relationship between learning motivation and economics learning achievement; this is indicated by a correlation coefficient (rx3y) of 0.320 at a significance level of 5%. 4) There is a significant positive relationship between reading interest, task assigning, and learning motivation as an aggregate and economics learning achievement, indicated by a correlation coefficient (Ry) of 0.417, an Fobserved value which is positive and greater than Ftable at a significance level of 5%, and a coefficient of determination (R2) of 0.174. 

 

Keywords: Reading Interest, Task Assigning, Learning Motivation, Economics Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2009. Handout Mata Kuliah Aplikasi Komputer: Uji Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pendidikan Ekonomi FISE UNY.

__________. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

_______ .2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.