PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI

Retno Wilis, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X IPS 2 di SMA N 1 Ngemplak melalui penerapan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase kesulitan belajar siswa pada siklus I sebesar 32,87% mengalami penurunan pada siklus II menjadi 19,03%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya persentase belajar pada aspek kognitif siklus I sebesar 52,94% dan siklus II sebesar 76,47%. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I maupun siklus II sebesar 100% pada aspek psikomotorik.


Keywords


PTK, Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF Download

References


Arikunto, S, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Indrianie, N.S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1, 126-132.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Makarao, N.R. (2009). Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9, 2, 1-11.

Saefuddin & Ika. (2015). Pembelajaran Ideal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanubari, F. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Dilengkapi dengan Media Interaktif Flash untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 3, 4, 145-154.

Somadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.