PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN TINGKAT BUNGA TERHADAP MINAT BERBELANJA MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE PAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE

Ali Hasan Ghozali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan, kemudahan penggunaan dan tingkat bunga terhadap minat berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater pada aplikasi Shopee mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kasual dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampel yang digunakan sebanyak 200 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,220 dan nilai signifikansi sebesar 0,005; (2) kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,273 dan nilai signifikansi sebesar 0,000;

(3) tingkat bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,656 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (4) promosi penjualan, kemudahan penggunaan dan tingkat bunga berpengaruh secara simultan terhadap minat berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater dengan nilai F hitung sebesar 73,234 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000.


Keywords


Kemudahan Penggunaan, Minat Berbelanja, Promosi Penjualan, Shopee Paylater Tingkat Bunga.

Full Text:

PDF Download

References


APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. APJII.

BPS. (2019). Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019. BPS.

iPrice. (2020). Peta E-Commerce Indonesia.

Retrieved from iPrice Insight: https://iprice.co.id/insights/mapofecom merce/index.html

Liao, Z., & Ceung, M. (n.d.). Internet Based E- Shoping and Customer Attitudes: An Empirical Study. Information and Management, Vol. 38.

Machine, M. (2020). Saturated Sectors: Finding Gaps In The Ecommerce Market In 2020. Retrieved from Merchant Machine: https://merchantmachine.co.uk/saturat ed-sectors/

Perekonomian, M. (2019). Program Prioritas

2 Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Retrieved from ekon- GO: http://kinerja.ekon.go.id/berita/detail/p rogram-prioritas-21-strategi-nasional- keuangan-inklusif-snki

Rapyd.net. (2020). Asia Pacific Ecommerce and Payment Guide 2020. Rapyd.net.

Shopee. (2019). Cara Ampuh Ngutang di Shopee, Emang Beneran Bisa? Retrieved from Shopee.co.id: https://shopee.co.id/inspirasi- shopee/cara-menggunakan- shopeepaylater-di-shopee/

Social, D. (2019). Fintech Report 2019. Daily Social.

Swastha, B., & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.