PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI

Desy Kurniasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest- posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t- test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Dibuktikan oleh hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000

Kata kunci: Model discovery learning, Keaktifan siswa, Hasil Belajar siswa


Full Text:

PDF Download

References


DeDonno, M.A. (2016). The Influences of IQ on pure discovery and guided discovery learning of a complex real-word task. United States: ELSEVIER

Hamiyah, N. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Hanafiah, & Suhana,C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama Kompas.(2018).

Pemerintah Optimistis Mampu Terapkan Kurikulum 2013 Tahun Ini. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2018/04/17/08010051/pemerintah-optimistis- mampu-terapkan-kurikulum-2013-tahun-ini?page=all#page2. Pada 22 Januari 2020, jam 10.07

Ihdi, S.P, & Rita J . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika (Vol. 6 Nomor 2). Hlm 91-94

Prayitno, B.W & Dian, R.N. (2017). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Model Discovery Learning Pada Konsep Klasifikasi Makluk Hidup. Jurnal Pendidikan Hayati Vol.3 No.4 : 136-143

Purwanto,A. & Rabiman,.(2018). Meningkatkan Keaktifan dan Belajar Sistem kelistrikan kendaraan ringan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning SMK Widya Mandala Tambak. Jurnal Taman Vokasi Vol 6, No. 1 2018

Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan Wujud benda. Jurnal Penal Ilmiah: Vol. 1

Salmi.(2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit: Vol 6

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Alfabeta

Tirto.id.(2019). Periksa Data Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing pun Lemah. Diakses dari https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR pada 12 Desember 2019, jam 12.54 WIB.

Uno, H B., Nurdin Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.