PENGARUH HASIL BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2018/2019
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh hasil belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa MAN 2 Sleman. Jenis penelitian ini Ex-Post Facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa MAN 2 Sleman kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket menggunakan skala likert dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar prakarya kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan hasil nilai t hitung > t tabel (2,402 > 1,977) pada taraf signifikansi 5% dan probabilitas 0,018. Lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dengan hasil t hitung > t tabel (7,951 > 1,977) pada taraf signifikansi 5% dan probabilitas 0,000. Hasil belajar prakarya kewirausahaan dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dengan hasil nilai uji F sebesar 38,142 pada taraf signifikansi 5% dan nilai probabilitas sebesar 0,000.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, M. 2015. Penilaian Autentik Proseszdan Hasil Belajar.zBandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Alma, B. 2014. KewirausahaanzuntukzMahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Alma, B. 2013. Kewirausahaan.zBandung: Alfabeta.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evalusi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressido.
Chimucheka, Tendai.n2013.zThezImpact ofzEntrepreneurship Education on thezEstablishment and Survival of Small, Micro and MediumzEnterprises(SMMEs).zJournal Economics, 4(2): 157-168.
ConnyaSemiawan. 2010. PendidikanxKeluarga Dalam Era Global. Jakarta: PT Preenhalindoo
Djaali. PsikologixPendidikan.nJakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah,mSyaifulnBachri. 2011. PsikologixBelajar. Jakarta:RinekazCipta.
Fakultas Ekonomi Universitas NegerizYogyakarta. (2016). Pedoman TugaszAkhir Kelas Unggulan dan Reguler. Yogyakarta: FE UNY.
Nana, Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saiman, Leonardus. 2014. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Sanjaya, wina. 2011. Strategi PembelajaranzBerorientasi Standar ProseszPendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-FaktorzMempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soemanto, Wasty. 2006. PendidikanzWiraswasta. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono, Metode PenelitianzKuantitatif, Kualitatif,zdan R&D (Bandung: Alfabeta, 2011).
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.
Werdhaningsih. 2014. Buku GuruzPrakarya dan Kewirausahaan. Jakarta:zKemendikbud
Yusuf, S. 2008. TeorizKepribadian.zBandung: PT. Remaja Rosdakarya
_______. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Zimmerer.T.W.,zN.M.zScarborough. 2014. Entreprenuershipband The New VenturezFormation. New Jersey:zPrentice Hall International Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.