PENGARUH MODAL USAHA, STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus pada Reparasi Sepeda Motor di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, strategi pemasaran dan pelayanan prima terhadap perkembangan UMKM sektor reparasi sepeda motor di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini digunakan seluruhnya yaitu 36 pelaku usaha reparasi sepeda motor. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara modal usaha, strategi pemasaran dan pelayanan prima terhadap perkembangan UMKM sektor reparasi sepeda motor di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, baik secara parsial dan secara simultan. Perkembangan UMKM sektor reparasi sepeda motor dipengaruhi oleh modal usaha, starategi pemasaran dan pelayanan prima sebesar 63, 8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Aulia. 2017. Bisnis Ramadhan: Mau Buka Bengkel Motor? Ini Rincian Biaya dan Strateginya. Diakses dari https: //www.moneysmart.id/bisnis-ramadan-maubuka-bengkel-motor-rincian-biaya-dan-strateginya/ pada 5 Mei 2019.
Badini dkk. 2018. Critical Success Factors for Small and Medium Forest Enterprises: A Review. Forest Policy and Economics 94, 35 – 45.
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman. Diakses: https://dinkopukm.slemankab.go.id/data-statistik/data-ukm/
Hartono. 2014. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 14, no. 1, 2014 : 15 – 30. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.
Hidayati, Eka Putri dan Yoyok Soesatyo. 2016. Pengaruh Modal Kerja Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Kerajinan Manik – Manik Kaca Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Penelitian Ilmiah. Tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.
Key, T.M dan A.J. Czaplewski. 2017. Upstream social marketing strategy: An integrated marketing communication approach. Business Horizons 60, 325 – 333.
Kusumaningrum, Vivi Diah. 2015. Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha,dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan UMKM di Desa Bendungrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Prasetyorini, Retno. 2003. Pelayanan Prima. Temanggung: SMK YP “17” Temanggung, Jawa Tengah.
Purwanti, Endang. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilonda Salatiga. Jurnal Among Makarti, Vol.5 No.9. Salatiga: STIE AMA Salatiga.
Sari, C dan S. E. Hatane. 2013. Pengaruh Loyalitas pelanggan Terhadap Profitabilitas Pada Sebuah Perusahaan Jasa Automotive (PT “X”) di Surabaya. Business Accounting Review, Vol. 1, No. 2, 2013. Surabaya: Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra.
Syuhada, Ahmad Ashorimuslim dan Windy Gambetta. 2013. Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises Based on Social Media. Procedia Teknologi 11, 446 – 454.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: ANDI
Wang, dkk. 2017. Implementation of Delightful Services: From the Perspective of Frontline service employees. Journal of Hospitality and Tourism Management, 31, 90 – 104.
Woo, K dan C.T. Ennew. 2004. Meansuring business to business professional service quality and its consequences. Journal of Business Research 58, 1178 - 1185.
Refbacks
- There are currently no refbacks.