PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Nur Astuti Puspaningtyas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan SPPKB pada pembelajaran Ekonomi dalam meningkatkan HOTS peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SPPKB efektif untuk meningkatkan HOTS pada pembelajaran Ekonomi. Penerapan SPPKB terbukti lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional karena peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SPPKB memiliki peningkatan HOTS yang lebih tinggi dibanding peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional

Keywords


higher order thinking skills, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, ceramah.

Full Text:

PDF

References


Amri. R.F. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Peserta didik Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan ISSN: 2442-4994 Vol.4. No.1 (2016) 46-54. Universitas Muhammadiyah Metro. Basuki, I. & Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Heong, Y.M., dkk. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011, 121-125. Novitasari, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement And Division (STAD) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Sani, A.H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikit Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan ISBN. 978-602-73403-0-5. Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sanusi, A. (2013). Kepemimpinan Pendidikan: Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian, Manajemen Modern. Bandung: Nuansa Cendekia. Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.