ANALISIS PENGARUH CITRA PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA)

Winda Fitria Septiani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen Pasar Beringharjo, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,284, nilai thitung sebesar 4,089, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pasar Beringharjo, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,128, nilai thitung sebesar -2,637, dan nilai signifikansi sebesar 0,010; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Pasar Beringharjo, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,408, nilai thitung sebesar 7,159, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan fisik terhadap kepuasan konsumen Pasar Beringharjo, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,296, nilai thitung sebesar 5,041, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel harga, kualitas produk, dan lingkungan fisik serta pengaruh negatif dan signifikan pada variabel pelayanan namun secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Pasar Beringharjo, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 73,990 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.


Keywords


Harga, Pelayanan, Kualitas Produk, Lingkungan Fisik, Kepuasan Konsumen, Pasar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bitner, M.J. (1992). Servicescapes : The impact of physical surroundings on customers and employees. J. Marketing. Iswari, Riana dan Retno Tanding Suryandari. (2003). Analisis Pengaruh Citra Supermarket terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3. No. 2. Univesitas Sebelas Maret. Surakarta. Mankiw, N. Gregory, (2007), Principle of Economic, 4th Education. Thomas South. Western. Moenir, A. S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Peraturan Presiden RI No. 112 (2007). Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Pembelanjaan dan Toko Modern”. Pasal 1 ayat 2. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT.Remaja Rosdakarya. Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, F., & G. Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.