FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENABUNG MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Resti Desi Marwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pengendalian diri, sosialisasi orang tua, teman sebaya, motif menabung dan pendapatan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku menabung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.164 mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 298 mahasiswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan literasi keuangan terhadap perilaku menabung. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengendalian diri terhadap perilaku menabung. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sosialisasi orang tua terhadap perilaku menabung. (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan teman sebaya terhadap perilaku menabung. (5) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan motif menabung terhadap perilaku menabung. (6) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan pendapatan terhadap perilaku menabung. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan literasi keuangan, pengendalian diri, sosialisasi orang tua, teman sebaya, motif menabung dan pendapatan secara bersama-sama terhadap perilaku menabung. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 44,3%.

 


Keywords


Literasi Keuangan, pengendalian diri, sosialisasi orang tua, teman sebaya, motif menabung, pendapatan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N dan Majid, M. S. A. 2003. The Influence of Religiosity, Income, Consumption, on Saving Behaviour : The Case of International Islamic University Malaysia (Iium). Journal of Islamic Economics, Vol. 4, No. 1. Adila, R. 2016. OJK Dorong Produktivitas Menabung Masyarakat. Diakses pada tanggal 27 April 2017, dari http://economy.okezone.com/amp/2016/11/07/320/1534921/ojk-dorong-produktivitas-menabung-masyarakat. Badan Pusat Statistik Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta. 2016. Derah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka 2016. Yogyakarta. Bank Indonesia. 2018. Statistik Ekonomi Keuangan Daerah “Daerah Istimewa Yogyakarta”. Yogyakarta: Bank Indonesia. Chandra, A. A. 2016. Jokowi Ajak Masyarakat Menabung di Hari Menabung Nasional. Diakses pada tanggal 24 Juni 2017, dari https://finance.detik.com/moneter/3333155/jokowi-ajak-masyarakat menabung-di-hari-menabung-nasional. Cronqvist, H. dan Siegel, S. 2010. The origins of savings behavior. Stockholm, Sweden: Institute for Financial Research, SIFR, Drottninggatan 89, SE‐113 60. Deny, S. 2017. Rasio Menabung RI Kalah Dibanding Singapura dan Tiongkok. Diakses pada tanggal 7 Mei 2017, dari http://bisnis.liputan6.com/read/2825792/rasio-menabung-ri-kalah-dibanding-singapura-dan-tiongkok. Djojohadikusumo, S. 1994. Perkembangan Pemikiran Ekonomi, Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: LP3ES. Gadinasyin, V. P. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Studi Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia). Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Gerungan, W. A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama. Keynes, J. M. 1991. Teori Umum Mengenai Kesempatan Kerja, Bunga dan Uang. Yogyakarta: Gajah Mada UniversityPress. Linangkung, E. 2016. BPR Berusaha Keras Tingkatkan Jumlah Tabungan. Diakses pada tanggal 24 Juni 2017, dari https://ekbis.sindonews.com/read/1141151/178/bpr-berusaha-keras-tingkatkan-jumlah-tabungan-1474456367 Martono, S. 2002. Analisis Perilaku Penabung Di Bank BRI Cabang Semarang Sebagai Dasar Strategi Pemasaran Produk Tabungan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, volume 11 no 2. Nababan, D dan Sadalia, I. 2013. Analisis Personal Financial Literacy Dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, volume 1 no 1. Nopirin, Ph.D. 1996. Ekonomi Moneter Buku 2. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE. Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor /POJK.07/2016 Tentang Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Sektor Jasa Keuangan Untuk Konsumen Dan/Atau Masyarakat. Diakses pada 5 Maret 2016, dari http://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/rancangan regulasi/Documents/RPOJK%20Literasi%20dan%20Inklusi%20Keuangan.pdf Perpres. 2016. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Jakarta: Peraturan Presiden Republik Indonesia. Praditya, I. I. 2016. Literasi Keuangan Indonesia‎ Kalah dari Malaysia. Diakses pada tanggal 5 Maret 2017, dari http://bisnis.liputan6.com/read/2589471/literasi-keuangan-indonesia-kalah-dari-malaysia. Sabri, M. F & MacDonald, M. 2010. Savings behaviour and financial problems among college students: The role of financial literacy in Malaysia. Cross Cultural Communication, volume 6 no 3. Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Seong, L. C, dkk. 2011. The analysis of psychological factors affecting savers in Malaysia. Journal of Middle Easter Finance and Economic, volume 12. Sirine, H & Utami, D. S. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan bisnis, volume 19 no 1. Sitanggang, L. M. S dan Dwiantika, N. 2016. Masyarakat Indonesia Masih Minim Menabung. Diakses pada tanggal 7 Mei 2017, dari http://keuangan.kontan.co.id/news/masyarakat-indonesia-masih-minim-menabung. Sukirno, S. 2004. Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Thung, C. M, dkk. 2012. Determinants Of Saving Behaviour Among The University Students In Malaysia. Malaysia: Faculty Of Business And Finance, Department Of Commerce And Accountancy, universiti Tunku Abdul Rahman. Ulfatun, T, dkk. 2016. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Jurnal Pelita, volume no 2. Wahana, A. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa Dalam Menabung (Studi Kasus Mahasiswa S1 FEB Undip Tembalang). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Wea, E. E. 2017. Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia Meningkat. Diakses pada tanggal 5 Maret 2017, dari http://indonesiasatu.co/detail/ojk--indeks-literasi-dan-inklusi-keuangan-di-indonesia-meningkat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.