PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Bangkit Wisnu Furqon, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, perpustakaan dan lingkungan kampus baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2014-2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 131 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teknologi informasi, perpustakaan dan lingkungan kampus secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa

Keywords


Teknologi informasi, Perpustakaan, Lingkungan kampus, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Aisiyah. S & Noorbaity. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Jurusan Teknik Sipil Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil. Epigram. Vol..8 No.2 124-130. Anisaturizqi. I. 2015. Pengaruh Keterampilan Mengajar Dosen dan Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Skripsi. Pendidikan Ekonomi UNNES. Bafadal. I. 2005. Pengelolaan perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik. O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. Hindro. H. 2013. Apakah Pengertian Internet. http://www.kumpulanblogger.com. Diakses 14 Oktober 2016. Mariyana. dkk. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana. Muhson. A. (2012). Pelatihan Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarata. FE UNY. Noerhayati. 1986. Pengelolaan Perpustakaan jilid 1.Bandung. Pratiwi. R. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Media Internet dan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surkarta. Skripsi. Surakarta: UNS. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. UU RI No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Tujuan pendidikan. World Bank. 2014. World Bank and Educatian in Indonesia. Diakses dari http://www.worldbank.org/en/country/indonesia/brief/world-bank-and-education-in-indonesia pada juni 2017. Yusuf. P. M dan Suhendar. Y. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.