PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2017/2018 melalui pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan prestasi belajar juga ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional. Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 Agustus 2017. Admin, (2015). Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 25Agustus 2017. Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group. Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara. Maggie Savin dan Claire. (2004). Foundation Of Problem Based Learning. New York: Great Britain Tan, Oon Seng. (2004). Enchancing Thingking throught Problem Based Learning Approaces. Singapore: Thompson Learning. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.