PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Fadian Ra’id Hisyam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan XI IPS SMA N 1 Bawang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 172 siswa. Sampel diambil sebanyak 120 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel kondisi sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh  terhadap hasil belajar, Variabel lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar, Variabel kondisi sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar Variabel lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, variabel motivasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar.

Keywords


Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adi CN (2017) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Awit, GP. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI SMK YKPP 3 Sleman tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Eccles (1993) Negative Effects of Traditional Middle Schools on Students' Motivation. The Elementary School Journal Vol.93. Djamara, SB. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Fadzila, EB. (2014) Pengaruh Presepsi Siswa Tentang Mata pelajaran Akuntansi , Lingkunga Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Prsetasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Fatma, FC. (2014) Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Pemanfaatan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 24.No .1 Juni 2014. Febriana, SW dan Rohmah,W. (2014) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Purwantoro Tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Muhson, A. (2015). Analisis Korelasi. Diktat Kuliah. Universitas Negeri Yogyakarta Olufemi, OO. (2013) Effect of Socio-Economic Status of Parents On Education Attainmen Of Female Secondary School Students in Rivers State of Nigeria. Journal Gender and Behaviour, Voluma 11, Issue 1. Saputro, ST. (2009). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Universitas Negeri Yogyakarta . Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakart: Rajawali Press. .2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajagrafindo persada.. Setiasih, A. (2017). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Mojur Lor. Jurnal Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press Sukmadinata, NS. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press Umar T dan La S.(2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Yudha,RI dan Idris. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasarandi Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jurnal Program Studi Magister Ekonomi Universitas neggeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.