PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK UKIR KAYU DI SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran teknik ukir kayu
yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu
SMK Negeri 1 Kalasan, 2) mendeskripsikan kualitas produk multimedia pembelajaran teknik ukir
kayu yang memenuhi standar kelayakan produk agar dapat digunakan untuk siswa kelas X Jurusan
Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Reaserch and Development menurut Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian ini
meliputi 9 tahap: 1) analisis kebutuhan, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5)
revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk
(mengadopsi dalam Sugiyono, 2016:298). Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas X Jurusan
Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Data dikumpulkan melalui angket
kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mengetahui kualitas multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: 1) produk multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa, 2) produk multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu yang memiliki kualitas kevalidan materi dan media sangat valid. Hasil
uji coba produk kelas terbatas ialah sangat layak, serta hasil pada uji coba pemakaian produk kelas
besar juga sangat layak digunakan siswa oleh kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu. Hasil
uji coba pemakaian produk pada guru ialah sangat layak. Analisis pengambilan data disimpulkan
bahwa multimedia pembelajaran teknik ukir kayu sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa kelas
X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Kalasan.
yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu
SMK Negeri 1 Kalasan, 2) mendeskripsikan kualitas produk multimedia pembelajaran teknik ukir
kayu yang memenuhi standar kelayakan produk agar dapat digunakan untuk siswa kelas X Jurusan
Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Reaserch and Development menurut Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian ini
meliputi 9 tahap: 1) analisis kebutuhan, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5)
revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk
(mengadopsi dalam Sugiyono, 2016:298). Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas X Jurusan
Desain dan Produksi Kriya Kayu SMK Negeri 1 Kalasan. Data dikumpulkan melalui angket
kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mengetahui kualitas multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: 1) produk multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa, 2) produk multimedia
pembelajaran teknik ukir kayu yang memiliki kualitas kevalidan materi dan media sangat valid. Hasil
uji coba produk kelas terbatas ialah sangat layak, serta hasil pada uji coba pemakaian produk kelas
besar juga sangat layak digunakan siswa oleh kelas X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu. Hasil
uji coba pemakaian produk pada guru ialah sangat layak. Analisis pengambilan data disimpulkan
bahwa multimedia pembelajaran teknik ukir kayu sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa kelas
X Jurusan Desain dan Produksi Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Kalasan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.