PENILAIAN HASIL KOMPETENSI KETERAMPILAN MATA PELAJARAN PRAKARYA KERAJINAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Wahyu Anna Ariyani, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil kompetensi
keterampilan, penerapan penilaian proyek, dan penerapan penilaian portofolio mata pelajaran Prakarya
Kerajinan kelas VIII di SMP Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016.  
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dibantu
instrumen pendukung berupa pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi serta alat bantu
perlengkapan mencatat dan kamera. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap analisis data
penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data  display), dan
verifikasi/penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian ini adalah: 1) Instrumen penilaian mata Pelajaran Prakarya Kerajinan kelas VIII di SMP
Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016 berupa rubrik penilaian dan penskoran sesuai dengan
Permendikbud No. 53 tahun 2015 dalam penilaian Kurikulum 2013. Rubrik penilaian berisi rincian aspek
penilaian dan rubrik penskoran berisi garis besar penentuan skor yang dinilai dengan menggunakan skor
0-4. 2) Penerapan penilaian proyek mata pelajaran Prakarya Kerajinan di SMP Negeri 4 Magelang
meliputi: a) Penilaian direncanakan dengan membuat kisi-kisi dan rubrik penilaian sesuai materi dan
kompetensi dasar Prakarya Kerajinan. b) Penilaian proyek meliputi proses pengerjaan sampai hasil
proyek siswa berupa isi laporannya. c) Penentuan kriteria penskoran proyek didasarkan pada indikator
capaian kompetensi yang disusun sesuai urutan penugasan proyek. 3) Penerapan penilaian portofolio
dilakukan dengan mendokumentasikan laporan yang berisi hasil proyek selama satu semester. Penilaian
portofolio siswa dilakukan dengan mendeskripsikan keterampilan berdasarkan sampel karya terbaik dari
kompetensi dasar (KD) yang telah dilakukannya dalam bentuk predikat, A= Amat baik, B= Baik, C=
Cukup, dan D= Kurang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.